Biography

Fama'ano Tafona'o adalah seorang Ketua (Rektor) disebuah lembaga perguruan tinggi pendidikan di Sekolah Tinggi Teologi Setia Injili Arastamar Tapanuli Tengah (STT SIARNAULI) Sibolga-Tapanuli, yang membidangi Pendidikan Agama Kristen. Beliau mulai masuk di sekolah tersebut pada tanggal 14 Agustus 2016, hari itu beliau masi S1 dari perguruan tinggi SETIA Jakarta. dimana SETIA merupakan sekolah yang melahirkan STT SIARNAULI dapat hadir ditengah kita sampai saat ini, kita sebut aja berdiri di Tapanuli Tengan pada tanggal 2 November 2013. Beliau seusai lulus dari SETIA Jakarta, maka beliau di tempatkan di perguruan tinggi tersebut sebagai staf dosen.

     Beliau, kita sebut aja namanya Fama'ano Tafona'o, pada saat itu masih berusia 25 tahun, dapat dikatakan beliau masih tergolong sangat mudah. saat itu dia mulai berkarir dengan tahap-ketahap dan waktu-kewaktu untuk meraih kesuksesan. dengan berjalannya waktu beliau berpikir untuk bagaimana cara melanjut stratum dua (S2), oleh karena itu beliau terus berfikir bagaimana cara untuk melanjut kuliah  di jenjang stratum dua (S2). Saat ini menjadi satu kesulitan bagi dia karena tidak ada yang diharapkan untuk membantu beliau untuk melanjut S2, beliau memang punya 5 saudara tetapi dia tidak mengharapkan itu. karena dia berpikir bahwa saudaranya juga punya kepentingan dalam rumah tangga. Memang dia tidak ingin merepotkan saudaranya terhadap biayanya, apa lagi merepotkan mamanya yang sudah tidak bisa kerja, karena beliau tidak punya ayah lagi, sudah meninggal beberapa tahun yang lalu semasa ia masih dibangku kelas satu SMP. Jadi tidak ada yang diharapkan untuk membantu beliau dalam biaya untuk melanjut Stratum dua (S2).
     
       Hal ini tidak menjadi kendala bagi beliau untuk tidak melanjutkan niatnya untuk melanjut kuliah, tetapi dengan tekat pada tahun 2017 beliau memberanikan diri untuk masuk mendaftarkan di sebuah perguruan tinggi yang sudah terakreditasi ban-PT yaitu di Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Nias Selatan (STT IA), sekolah ini menjadi pilihannya karena ia berpikir biaya masih terjangkau dibanding dengan sekolah-sekolah lainnya. Sekolah ini dipilih bukan karena murahnya, tetapi karena sekolah ini mempunyai visi misi yaitu mereka yang tidak mampu kuliah dengan latar belakang  tidak mampu secara material, maka sekolah ini berkesempatan merekrut dan memberikan pendidikan yang layak sama seperti sekolah lain pada umumnya dengan menyediakan biaya siswa untuk mereka yang tidak mampu tetapi punya semangat belajar. saya rasa ini sangat bagus dan perlu dikembangkan.

    Pada tahun 2017, beliau mendaftarkan diri di sekolah tersebut, lalu beberapa minggu kemudian keluarlah pengumuman dan beliau dapat informasi bahwa dia diterima, sehingga beliau sah menadi mahasiswa Pasca Sarjana dengan program studi magister pendidikan dengan gelar (M.Pd.). dengan semangat yang tinggi beliau menjalani perkuliahannya dengan baik sambil kerja. pada tahun 2018 beliau di percayakan sebagai Rektor di perguruan tinggi tersebut, beliau merasa ini tidak mungkin karena beliau masih status studi lanjut S2, beliau sempat menolak tugas ini, bahkan beliau berencana untuk memundurkan diri dari sekolah tersebut, sehingga pun beliau sudah sempat menuliskan surat untuk memundurkan diri dan sudah dikirimkan kepada pengurus yayasan tetapi surat pemunduran diri itu ditolak dan diminta untuk tetap bisa kerja sama dan masih menetap di Sekolah tinggi Teologi Setia Ijili Arastamar Tapanuli Tengah. Maka pada tanggal 14 September 2018, beliau mendapat SK dari yayasan untuk menjadi ketua pelaksana di perguruan tinggi tersebut. Hal ini tidak mungkin, tetapi dia berpikir bahwa ini adalah rencana Tuhan dalam dirinya. Ini bukan hanya tanggung jawab yang biasa untuk memimpin sebuah perguruan tinggi, melainkan ini tanggung jawab yang besar yang harus di jaga. tetapi beliau berpikir mungkin ini adalah tanggung jawab yang dititipkan Tuhan dalam dirinya. Tuhan itu begitu luarbiasa. 

       Pada tahun yang bersamaan yaitu tahun 2017, beliau juga mengajukan lamaran kerjanya di kantor Kementerian Agama Tapanuli Tengah, berkas beliau diterima dan hingga beliau mengikuti seleksi ujian. pada hari pengumuman, nama beliau tercantum sebagai peserta yang lulus ujian seleksi dan dinyatakan diterima sebagai penyuluh Non-PNS. Ini merupakan hal yang luar biasa yang dipersiapkan tuhan bagi beliau. Sehingga pun pada saat itu selain diterima sebagai mahasiswa pasca sarjana, beliau juga kerja di dua (2) lembaga instansi yang merupakan tempat yang sangat baik. ini adalah ucapan Syukur dari beliau kepada Tuhan yang begitu mengatur perjalanan hidupnya dengan baik. Mungkin ini jawaban doa nya kepada Tuhan, atas harapan dan cita-cita untuk masa depannya yang lebih baik. dan inilah jalan yang diatur oleh Tuhan dalam kehidupannya.

   Pada tahun 2019 beliau menyelesaikan pendidikan S2 nya. pada tanggal 19 Juni, beliau mengikuti Yudisium dan beliau dinyatakan lulus dengan nilai yang sangat baik, pada saat itulah Fama'ano Tafona'o menyandang gelar (M.Pd.). pada tanggal 22 Juni beliau di wisuda dan disahkan sebagai Magister Pendidikan. Seusai itu beliau kembali ke-Sibolga dan membuat keputusan untuk fokus dengan tekat mengembangkan sekolah yang dipimpinya. Saat ini beliau masih memimpin sebagai Rektor di Sekolah Tinggi Teologi Setia Injili Arastamar Tapanuli Tengah. Sekiranya dalam pekerjaan ini dapat beliau jalankan dengan penuh kerendahan hati.

....

Lofa'asalawa natenga sioroi Lowalangi

Naso zodekha so'ene, 
naso zodoi somanaje,
todo zita ndramatua,
todo haria ndra'alawe,

Nalo zodekha so'ene, 
nalo zodoi somanaje,
lambi-lambi ndramatua
todo gae ndra'alawe

Kalo jadi orang sukses maka belajarlah untuk berjuang
kalo andra tidak belajar maka andra tidak pernah mengalami sukses
maka andra tidak punya kekuatan apa-apa.


  Demikian hal ini, kiranya menjadi inspiratif bagi beliau, dan tetap semangat dalam perjuangan kedepannya. Semangat....!!!





Komentar

Postingan populer dari blog ini